Resiko Penyakit Tertentu Berdasarkan Golongan Darah

Spread the love

Golongan darah yang ada pada manusia dibagi menjadi empat golongan. Beberapa golongan darah tersebut yaitu A, B, O dan AB. Manusia pada dasarnya memiliki salah satu golongan yang sudah disebutkan di atas dan perbedaan golongan darah disebabkan dari substansi yang terdapat pada permukaan terluar sel darah merah.

Golongan Darah Diperoleh Dari Keturunan

Substansi yang menjadi pembeda tadi bisa didapatkan seseorang dari warisan kedua orang tuanya. Mengetahui golongan darah yang dimiliki seseorang sangatlah penting, karena bisa saja suatu saat hal tersebut bermanfaat jika orang tersebut akan menerima ataupun memberi donor kepada orang lain.

Resiko Penyakit Berdasarkan Golongan Darah

Akan tetapi batu-baru ini ada penelitian yang mengatakan bahwa golongan darah pada kenyataannya mampu memberi pengetahuan mengenai jenis penyakit yang bisa beresiko dimiliki. Hal semacam itu terjadi dikarenakan ada interaksi di antara substansi pembeda dan sistem imun di dalam tubuh.

Interaksi yang terjadi keduanya tadi bisa berpengaruh terhadap resiko seseorang terhadap penyakit tertentu. Jika kalian penasaran mengenai penyakit tertentu yang beresiko dialami pada golongan darah tertentu maka bisa menyimak informasi bermanfaat berikut ini.

  • Golongan Darah A

Golongan darah A menurut penelitian memiliki potensi tinggi untuk mengalami kanker perut bila dibandingkan golongan darah lain seperti B maupun O. Resiko yang dialami oleh jenis golongan darah A akan lebih tinggi sekitar 20%.

Penyakit kanker perut ini merupakan penyakit yang diakibatkan oleh bakteri H.pylori yang hampir semua manusia memilikinya. Akan tetapi bakteri ini ternyata lebih sensitif terhadap golongan darah tertentu yaitu A dan AB. Untuk terhindar dari penyakit tersebut ada baiknya batasi konsumsi daging olahan.

  • Golongan darah AB

Golongan darah AB juga memiliki resiko kanker perut namun lebih tinggi bila dibandingkan dengan golongan darah A sekitar 26%. Golongan darah yang termasuk langka ini ternyata juga beresiko terhadap penyakit lainnya.

Golongan ini menurut penelitian dari Universitas of Vermont ternyata memiliki resiko terkena penyakit gangguan kognitif serta masalah memori. Jadi dengan kata lain golongan ini memiliki masalah dalam belajar dan juga proses mengingat.

Tentunya penurunan kemampuan otak bisa mengalami penurunan semakin bertambahnya usia namun kalian bisa mengurangi dampaknya. Caranya bisa dengan rutin membaca buku, belajar bahasa, bermain teka-teki. Bahkan melakukan olahraga secara rutin ternyata bisa menjaga Kesehatan otak.

  • Golongan darah B

Salah satu penyakit yang mampu menyerang golongan darah B adalah diabetes tipe 2. Bahkan resiko penyakit ini 20% lebih banyak bila dibandingkan dengan golongan darah O. Tidak hanya diabetes tipe 2, namun golongan darah ini juga memiliki resiko terhadap penyakit jantung dan hipertensi.

Bahkan golongan darah B memiliki resiko terkena penyakit pembuluh darah koroner. Supaya terhindar dari penyakit tersebut ada baiknya kalian mengelola dengan baik beragam faktor yang menjadi pemicunya dan jangan lupa menerapkan pola hidup sehat, serta jangan lupa lakukan pemeriksaan Kesehatan rutin.

  • Golongan darah O

Golongan darah O menurut penelitian dari Harvard School of Public Health mengatakan bahwa memiliki kekebalan hingga 23% terhadap penyakit jantung bila dibandingkan golongan lain. Bahkan juga memiliki kekebalan sekitar 37% terhadap kanker pankreas, akan tetapi golongan darah O lebih rentan terkena penyakit yang berhubungan dengan organ lambung.

Bahkan resiko yang mungkin dialami dari golongan ini adalah produksi sel telur yang lebih rendah bila dibandingkan dengan yang lainnya. Maka golongan darah O harus memperhatikan kebutuhan nutrisinya, perbanyak konsumsi sayur dan buah. Hindari juga beragam makanan yang mampu memicu kanker.