Rasa Nyeri Pada Beberapa Bagian Tubuh

Spread the love

Person

Kalian tentunya pernah merasakan sakit nyeri pada beberapa bagian tubuh pastinya. Rasa nyeri itu muncul entah pada bagian bahu, kepala ataupun bagian lainnya. Kebanyakan dari kalian menganggap rasa nyeri ini merupakan hal yang biasa namun tahukah kalian jika hal ini tidak boleh kalian remehkan.

Rasa Nyeri Pada Bagian Tubuh

Rasa nyeri pada bagian tubuh tertentu bisa mengindikasikan jika kalian sedang menderita suatu penyakit. Maka dari itu agar kalian bisa lebih peduli terhadap kesehatan tubuh, ada baiknya kalian menyimak informasi berikut ini untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas.

  • Nyeri di antara tulang belikat

Jika kalian mengalami nyeri pada bagian di antara tulang belikat itu artinya merupakan pertanda jika kalian sedang mengalami serangan jantung. Perlu kalian ketahui jika sebesar 30% orang yang terkena serangan jantung tidak mendapatkan penanganan dengan baik.

Rasa nyeri pada bagian tersebut kerap dialami oleh para wanita. Tidak hanya itu saja bahkan ada rasa nyeri lain yang mengikutinya seperti pada bagian rahang, mual dan juga sesak nafas. Jika kalian mengalami gejala tersebut ada baiknya segera ke dokter untuk mendapatkan perawatan.

  • Nyeri bagian kepala

Jika kalian mengalami nyeri pada bagian kepala secara tiba-tiba dan bila dirasakan nyeri tersebut sangatlah parah dan belum pernah kalian alami sebelumnya maka segera cari bantuan. Rasa nyeri tersebut bisa merupakan sebuah pertanda jika ada pendarahan pada bagian otak.

Pendarahan tersebut diakibatkan oleh pecahnya aneurisma sehingga diperlukan tindakan yang cepat. Operasi bisa membuat kondisi kalian menjadi lebih baik karena daerah yang lemah tersebut ditutup kembali. Jika kalian tidak segera mendapatkan perawatan maka efek terburuknya adalah kematian. Jika kondisi ini terjadi jangan mengkonsumsi aspirin karena mampu meningkatkan pendarahan.

  • Nyeri bagian kanan perut

Rasa nyeri yang satu ini bisa bermula pada bagian tengah perut dan perlahan-lahan menuju ke bagian kanan. Jika kondisi seperti usus buntu pecah maka bisa berakibat pada komplikasi dikarenakan bakteri pada usus buntu akan ikut masuk ke dalam aliran darah dan tubuh bisa terinfeksi.

Untuk melakukan pengecekan bahwa nyeri yang dirasakan tadi pada bagian usus buntu maka tekan bagian perut. Jika iya maka perut akan merasakan nyeri jika kalian melepaskan tekanan. Tes lainnya bisa dengan cara mengangkat lutut sampai ke bagian kepala serta biarkan orang lain yang menekan bagian otot bawah perut, jika terasa sangat menyakitkan itu tandanya ada iritasi pada usus buntu.

  • Nyeri gigi

Kebiasaan seperti menggertakkan gigi ternyata mampu membuat saraf di dalamnya meradang dan juga pelindung enamel jadi menghilang. Bahkan tanpa sadar kalian sering menggertakkan gigi sampai ke bagian akar yang bisa mengarah ke ekstraksi. Komplikasi pada aktivitas tersebut dikarenakan stress dan bisa kalian cegah dengan penggunaan pelindung di malam hari.

  • Nyeri punggung pada bagian tengah

Jika kalian mengalami kondisi tersebut itu menandakan bahwa ada bakteri yang masuk ke dalam saluran kemih yang masuk ke dalam ginjal dan ini bisa berakibat pada infeksi yang lebih parah. Infeksi ginjal bisa dimulai dengan gejala infeksi saluran kemih yaitu saat buang air kecil terasa sakit.

Kondisi semacam ini ternyata rentan dialami oleh para wanita. Jika kondisi ini tidak segera mendapatkan pertolongan maka akan mengakibatkan kerusakan pada ginjal, maka kalian harus perhatikan hal ini betul-betul tentunya.

  • Nyeri betis

Jika ada bagian kecil di kaki yang terasa sakit maka bisa saja kalian mengalami kondisi yang disebut dengan DVT atau deep vein thrombosis. DVT tadi merupakan kondisi dimana darah di vena mengalami pembekuan. Kondisi ini bisa dialami setelah kalian menempuh perjalanan jauh ataupun karena kalian mengkonsumsi pil KB.

Rasa sakit saat menstruasi memang sering dialami oleh para wanita. Namun jika kalian sudah mengkonsumsi obat pereda nyeri dan masih sakit itu tandanya kalian mengalami kondisi yang disebut endomestriosis.

Endomestriosis disebabkan karena lapisan rahim yang tumbuh pada tempat lain bisa jadi penyebabnya. Kondisi tersebut bisa berakibat pada terhambatnya kesuburan pada wanita sekitar 40%-60% yang mengalami kondisi tersebut. Jadi jika kalian mengalami kondisi dimana rasa nyeri saat menstruasi tidak kunjung sembuh perlu waspada.

Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Rutin

Nyeri pada beberapa bagian tubuh tertentu memang tidak bisa kalian abaikan begitu saja. Bahkan jika nyeri terjadi pada bagian-bagian yang disebutkan di atas kalian bisa segera melakukan pemeriksaan. Terlebih lagi jika nyeri yang dialami sifatnya mendadak dan mengakibatkan sakit yang luar biasa bahkan tidak tertahankan lagi.

Untuk terus memantau kesehatan tubuh sebaiknya lakukan pemeriksaan kesehatan rutin. Sehingga jika ada sesuatu yang tidak beres terjadi pada tubuh kalian maka bisa segera melakukan pemeriksaan dan pengobatan.

Jangan sampai karena kalian mengacuhkan kesehatan, rasa nyeri yang datang tiba-tiba kalian anggap suatu hal yang biasa. Maka dari itu jaga selalu kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat dan selalu memeriksakan kesehatan ke dokter.