Cara Mudah Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Spread the love

Penyakit batu ginjal ternyata bisa dicegah sejak dini dan caranya sangatlah mudah yaitu kalian hanya perlu memenuhi kebutuhan air minum setiap hari. Untuk memenuhi kebutuhan air harian kalian dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih sebanyak 3 liter per harinya.

Mengkonsumsi air minum dengan jumlah yang telah dianjurkan tersebut akan membuat urine tetap jernih sehingga produk limbah yang dihasilkan tidak akan terlalu pekat dan juga membentuk batu. Cara mudah untuk mengetahui tingkat keenceran urine bisa kalian perhatikan dari warnanya.

Tentunya semakin gelap warna urine yang dihasilkan maka menandakan bahwa urine tersebut semakin pekat. Perlu kalian ketahui di sini adalah urine akan berwarna kuning gelap pada pagi hari, hal ini dikarenakan urine tersebut mengandung limbah.

Mengkonsumsi minuman semacam jus, kopi dan juga teh bisa kalian hitung sebagai salah satu cara untuk memberikan asupan cairan. Akan tetapi air putih merupakan pilihan yang terbaik dan paling sehat sehingga mampu mencegah terjadinya batu ginjal.

Cara Mencegah Batu Ginjal

Batu ginjal termasuk penyakit yang tidak mengenakan maka dari itu melakukan pencegahan sejak dini merupakan pilihan yang paling tepat. Tentunya kalian harus membuat pola makan yang sehat agar bisa terhindar dari batu ginjal.

  • Tetap terhidrasi

Cara yang pertama yaitu mengkonsumsi banyak air putih dan ini merupakan cara yang terbaik. Jika kalian tidak mengkonsumsi air putih dengan cukup maka output urine akan tergolong rendah. Output yang rendah tadi akan cenderung tidak akan melarutkan garam urine yang bisa berpotensi memunculkan batu karena urine cenderung akan lebih terkonsentrasi.

  • Batasi konsumsi garam

Jika kalian terlalu banyak mengkonsumsi garam maka akan beresiko meningkatkan batu ginjal. Hal itu karena kandungan garam di dalam urine akan mencegah penyerapan kembali kalsium dari urine ke dalam darah. Jika kandungan kalsium di dalam urine terlalu tinggi maka batu ginjal akan terbentuk dan begitu pula sebaliknya.

  • Kurangi kandungan oksalat

Tahukah kalian jika beberapa batu ginjal yang ada terbuat dari oksalat yang merupakan senyawa alami yang mampu mengikat kalsium ke dalam urine. Maka dari itu kalian sangat perlu membatasi beragam makanan yang mengandung oksalat di dalamnya.

Pembatasan tersebut tentu saja dilakukan agar pembentukan batu ginjal bisa dicegah. Beberapa makanan yang memiliki kandungan oksalat tinggi seperti ubi jalar, coklat, bayam, kacang-kacangan dan kopi.

  • Batasi protein hewani

Makanan yang memiliki kandungan protein hewani yang tinggi tentunya bersifat asam dan ini akan meningkatkan asam urine. Hal itu tentu saja dapat meningkatkan pertumbuhan batu ginjal, maka dari itu kalian bisa membatasi ataupun menghindari beragam bahan makanan seperti ikan, unggas dan daging merah.

  • Konsumsi makanan dengan kandungan kalsium

Banyak dari kalian tentunya beranggapan jika salah satu penyebab utama batu ginjal yaitu jika kalian mengkonsumsi kalsium. Namun tahukah kalian jika kalian kekurangan asupan kalsium bisa berakibat pada peningkatan resiko penyakit batu ginjal. Maka kalian jangan mengurangi asupan kalsium namun kurangi makanan kaya oksalat dan natrium.

  • Batasi konsumsi suplemen vitamin C

Saat masa pandemi seperti ini banyak yang mengkonsumsi suplemen vitamin C karena ingin meningkatkan daya tahan tubuh. Namun tahukah kalian jika suplemen tersebut memiliki kandungan yang bernama asam askorbat yang bisa menyebabkan batu ginjal pada pria.

Tahu Kapan Harus Ke Dokter

Untuk beberapa kasus nyatanya mengubah pilihan makanan yang dikonsumsi tidak akan mampu untuk mencegah terjadinya batu ginjal. Jika batu ginjal yang dialami terjadi berulang maka kalian langsung datang ke dokter dan membicarakan mengenai perawatan ataupun pencegahan medis yang tepat.

Perlu kalian ketahui bahwa terdapat beberapa resep obat maupun obat tanpa resep yang bisa berdampak pada batu ginjal. Jangan ragu untuk memberitahukan kepada dokter jika kalian sedang mengkonsumsi obat-obatan seperti diuretik, dekongestan, steroid, anti konvulsan, obat urikosurik dan obat kemoterapi.

Jika kalian mengkonsumsi obat-obatan di atas dalam jangka waktu yang lama tentu saja resiko terkena batu ginjal akan semakin tinggi. Untuk kalian yang sedang mengkonsumsi obat-obatan di atas terutama yang telah diresepkan oleh dokter sebaiknya konsultasikan karena tidak boleh berhenti sembarangan.

Jadi itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit batu ginjal. Melihat informasi di atas sebaiknya segera ubah pola hidup kalian menjadi lebih sehat agar tidak terkena penyakit tersebut nantinya.