Berapa Bahan Makanan Pemicu Kanker

Spread the love

Kanker merupakan jenis penyakit berbahaya yang disebabkan oleh sel yang sudah mengalami perubahan sifat genetik. Perubahan sel tadi disebabkan karena perubahan yang tidak terkendali di dalam sel-sel normal tubuh yang nantinya disebut dengan sel kanker.

Pola Makan Mampu Memicu Kanker

Perubahan sel tersebut tentunya disebabkan oleh beragam faktor yang dapat memicu kanker dan salah satunya merupakan pola makan yang kurang sehat. Tanpa kalian sadari dalam kehidupan sehari-hari banyak bahan makanan pemicu kanker yang sering kalian konsumsi dan menjadi bagian dari gaya hidup. Jika hal tersebut terus dilakukan tentu saja akan menyebabkan kanker.

Bahan Makanan Penyebab Kanker

Banyak yang beranggapan jika faktor genetik dan juga riwayat keluarga sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan sel kanker. Namun pada faktanya 80-90% tumor serta kanker ganas disebabkan oleh faktor eksternal.

Pola makan merupakan salah satu hal yang harus kalian perhatikan agar sel kanker tidak berkembang. Terdapat beberapa makanan yang pada kenyataannya memiliki resiko yang tinggi sebagai pemicu perkembangan sel kanker dan beberapa bahan tersebut adalah sebagai berikut.

  • Daging merah dan daging olahan

Daging olahan serta daging merah termasuk ke dalam golongan karsinogen golongan 1 (zat yang mampu memicu pertumbuhan sel kanker. Tidak hanya mampu memicu kanker saja namun daging merah serta olahan tadi memiliki kandungan lemak tinggi sehingga berdampak buruk bagi kesehatan pencernaan dan jantung.

Jika kalian tidak bisa lepas dari daging merah sebaiknya batasi konsumsinya. Usahakan mengkonsumsi daging merah tanpa lemak sekitar 65-100 gram per minggunya dan jangan lebih dari takaran tersebut.

  • Susu

Bahan selanjutnya yang dapat memicu kanker adalah susu dan ini terlah dibuktikan lewat beberapa penelitian. Salah satu penelitian yang terdapat dalam The American Journal of Clinical Nutrition, menyebutkan bahwa produk susu full fat serta keju bila dikonsumsi mampu meningkatkan resiko kanker prostat.

  • Karbohidrat olahan

Karbohidrat olahan dan makanan manis diketahui mampu meningkatkan resiko kanker yang terjadi secara tidak langsung. Beberapa bahan yang ada seperti sereal manis, pasta putih, nasi putih dan roti putih.

Jika kalian mengkonsumsi karbohidrat dan gula dalam konsentrasi tinggi tentunya mampu meningkat resiko terkena obesitas serta diabetes tipe 2. Jika kalian mengidap diabetes tipe 2 tentu resiko seperti kanker rahim, payudara dan ovarium bisa meningkat.

Jika kalian mengkonsumsi kedua bahan tersebut secara berlebihan maka glukosa darah menjadi tinggi dan mampu meningkatkan resiko kanker kolorektal (kanker usus besar). Usahakan untuk mengganti bahan tadi dengan yang lebih sehat seperti roti gandum utuh, pasta gandum utuh dan beras merah.

  • Ikan asin

Bahan selanjutnya yang mampu memicu kanker berupa ikan asin. Proses pengasinan dengan cara tradisional sebenarnya mampu menghasilkan kandungan zat nitrat dan bahan tersebut bisa menjadi pemicu kanker usus.

Bagi kalian yang senang mengkonsumsi ikan asin bisa menggantinya dengan bahan yang lebih sehat. Beberapa bahan tersebut bisa ikan segar maupun seafood semacam cumi-cumi maupun udang yang tentunya lebih sehat.

  • Alkohol

Tidak hanya daging olahan saja namun alcohol juga merupakan salah satu bahan yang mampu memicu kanker yang paling beresiko kedua. Beberapa jenis kanker yang dapat dipicu oleh alcohol berupa kanker tenggorokan, mulut, payudara, kerongkongan, lambung, hati dan usus.

Perlu diketahui bahwa pada saat kalian mengkonsumsi alkohol tadi akan dipecah menjadi asetaldehida oleh hati. Asetaldehida ini mampu meningkatkan kerusakan pada DNA dan juga stress oksidatif. Senyawa ini mampu mengganggu kinerja sistem imun jadi tubuh akan kesulitan dalam menargetkan sel pra kanker dan kanker.